Sekarang mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SD/MI dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 sudah mulai dipelajari tetapi tidak masuk ke dalam mata pelajaran inti. Bagi seorang guru sangatlah penting mempersiapkan RPP sebelum masuk kelas, agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar. Namun sayangnya, saat ini sangat susah sekali menemukan RPP Bahasa Inggris tingkat SD/MI kelas bawah (kelas 1 sampai 3) khususnya kurikulum 2013. Kalaupun menemukan masih menggunakan KTSP.
Mengingat hal tersebut dalam rangka menghadapi semester genap yang sebentar lagi datang, pada postingan kali ini saya buatkan RPP Bahasa Inggris tingkat SD/MI kelas 1 semester 2 kurikulum 2013 khusus bagi Bapak dan Ibu guru pengampu demi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar. RPP ini saya susun dengan mengacu pada langkah-langkah pembelajaran scientific kurikulum 2013.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD/MI ................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Petemuan ke : 1 (Fruits)
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
3.1
Merespon kosakata
baru dengan mengulang pengucapan guru tentang
macam-macam “fruits”
3.2 Membuat kalimat bahasa Inggris sederhana
dengan benar
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Merespon dengan mengulang kosakata baru yang diucapkan guru dengan suara yang
lantang tentang macam-macam “fruits”
2.
Menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris tentang “fruits” dengan benar
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui penjelasan guru siswa dapat merespon dengan mengulang kosakata baru
dengan suara yang lantang tentang macam-macam “fruits”
2.
Melalui latihan soal siswa dapat menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke
dalam bahasa Inggris tentang “fruits”
dengan benar
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pre-Learning
Kegiatan Guru:
Bertanya
kepada siswa
-
Apakah kalian suka makan buah-buahan?
-
Buah apa yang kalian suka?
-
Kali ini kita akan mempelajari macam-macam buah-buahan dalam bahasa Inggris
Kegiatan Siswa:
Menjawab
pertanyaan guru secara verbal
2.
Whilst-Learning
Kegiatan Guru:
Ø Menjelaskan
macam-macam buah-buahan dalam bahasa Inggris dengan metode ceramah
FRUITS
ü Apple Apel
ü Watermelon Semangka
ü Grapes Anggur
ü Pineapple Nanas
ü Banana Pisang
ü Strawberry Stoberi
ü Starfruit Belimbing
ü Pear Pir
ü Orange Jeruk
ü Mango Mangga
Ø Bertanya kepada
tiap-tiap siswa macam-macam buah-buahan
Ø Memberikan tugas
kepada siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan.
Match
with suitable meaning!
1.
Pear a.
Semangka
2.
Banana b.
Jeruk
3.
Pineapple c.
Belimbing
4.
Orange d. Mangga
5.
Apple e.
Anggur
6.
Mango f. Pir
7.
Grapes g. Nanas
8.
Starfruit h.
Stoberi
9.
Watermelon i.
Pisang
10.
Strawberry j.
Apel
Ø Memberikan tugas
kepada siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan.
Translate
into English!
1.
Aku
suka apel : I like apple
2.
Aku
suka semangka : ....................................
3.
Aku
suka anggur :
....................................
4.
Aku
suka nanas :
....................................
5.
Aku
suka pisang :
....................................
6.
Aku
suka stroberi :
....................................
7.
Aku
suka belimbing : ....................................
8.
Aku
suka pir :
....................................
9.
Aku
suka jeruk :
....................................
10.
Aku
suka mangga :
....................................
Ø Membagi siswa
menjadi 4 kelompok, dan menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk saling
bertanya dan menjawab tentang “fruit”.
Example: Kelompok 1 :
What fruit is it?
Kelompok
2 : It is Banana
Kegiatan Siswa
Mengerjakan
tugas yang diberikan guru
3.
Post-Learning
Kegiatan Guru
Ø Bersama siswa
membuat kesimpulan
Ø Mengulang
memberi pertanyaan tentang nama-nama buah-buahan dalam bahasa Inggris
Ø Memberikan
penilaian hasil belajar
Ø Mengajak siswa
berdo’a
Ø Mengamati siswa
selama berdo’a
Ø Mengoreksi siswa
yang kurang benar dalam berdo’a
Kegiatan Siswa
Ø Bersama guru
membuat kesimpulan
Ø Menjawab
pertanyaan guru secara verbal tentang” fruits”
Ø Berdo’a menurut
agama masing-masing
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Memberi salam, Mengajak semua siswa berdo’a
menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
þ
Menanyakan kepada siswa
secara verbal: apakah suka makan buah-buahan? Buah apa yang kalian suka?
þ
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Fruits”
|
1 menit
1 menit 1 menit 1 menit |
Inti
|
Observing (mengamati)
Siswa
mengamati uraian materi dari guru atau powerpoint tentang “fruits”.
Questioning (menanya)
Guru
bertanya kepada siswa secara verbal tentang nama-nama buah-buahan dalam
bahasa Inggris
Associating (menalar)
Siswa
mencocokan nama-nama “fruits” sesuai
dengan artinya
Experimenting (mencoba)
Siswa
mencoba mengucapkan kalimat bahasa Inggris sederhana dengan menerjemahkan
kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris
Networking (membentuk jejaring)
Secara
berkelompok, siswa saling bertanya dan menjawab pertanyaan tentang “fruits”.
|
8 menit
7 menit
10
menit
18
menit
13
menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar
þ
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
þ
Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya,
cara melafalkannya dsb)
þ
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a,
maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok
kalau berdoa lebih disempurnakan
|
1 menit
2 menit
4 menit
1 menit
1 menit
1 menit
|
H. SUMBER
DAN ALAT PEMBELAJARAN
- Buku
teks English Book Elementary School
Grade 1, http://tatiannaeasynfunenglish.blogspot.co.id
- Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
- Powerpoint
- Buku-buku lain yang relevan
I. PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses
·
Penilaian Kinerja
·
Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda
·
Isian singkat
·
Esai atau uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ....................................... )
NIP ..................................
|
Guru Kelas 1
( .................................... )
|
Untuk lebih lengkapnya silahkan langsung download di sini .
Terima kasih. Sangat membantu.
BalasHapusthanks... sangat berguna bagi saya
BalasHapusYang semester 1 nya tidak adakah?
BalasHapusYang semester 1 nya tidak adakah?
BalasHapustolong dishare rpp bahasa inggris k13 kelas 1-6
BalasHapusboleh share silabus k13 sd ?
BalasHapusteroma kasih
untuk bahasa inggris
BalasHapusMatur nuwun,membantu sekali.sukses slalu
BalasHapusThank you
BalasHapussilabus nya mana ya
BalasHapusterima kasih... sangat membantu
BalasHapus